Selamat Datang Generasi Muda Penerus Bangsa Melawan walaupun Tertawan...
Jangan Pernah Ragu dan Takut Memperjuangkan Kebenaran... Katakan Merah jika itu MERAH, Katakan Putih jika itu PUTIH.. Teriakkan Salam Kebebasan Berpikir....

Hidup mahasiswa..
Hidup Manajemen..
Jayalah HMM ku..

Selasa, 04 Maret 2008

Model Mental

Model mental akan membuka asumsi – asumsi yang tersembunyi. Bersama berfikir sistem, model mental bisa membongkar penyebab munculnya masalah.


Hampir semua manajer tahu bahwa banyak ide – ide terbaik tidak pernah dapat diterapkan. Strategi bilian tgagal diterjemahkan menjadi tindakan, wawasan sistem matik yang mendalam tidak pernah dapat menemukan kebijakan oprasional. Menurut Peter M Senge dalam bukunya The Fifth discipline, ini terjadi bukan karna mereka lemah atau kemauannya terombang – ambing, tapi karna model mental - salah satu dari 4 elemen ( keahlian pribadi, visi bersama dan pembelajaran ) dari organisasi pembelajaran. Disiplin mengelolah model mental ( permukaan, pengujian dan pengubahan gambaran internal kita tentang bagaimana dunia kerja )menjadi fondasi utama membangu organisasi pembelajaran.
Sejauh ini apa yang kita bawa dalam pikiran adalah citra, anggapan dan kisah, ini mempengaruhi gambaran mental. Namun model mental tidak hanya ditentukan bagaimana mengenal dunia tapi juga bagaiana kita bertindak. Mengapa model mental begitu kuat apayang kita kerjakan? Sebagian karna dia mempengaruhi apa yang kita lihat. Dua orang dengan model mental yang berbeda dapat mengamati kejadian yang sama dan menggambarkannya secara berbeda, Mengapa model mental begitu kuat mempengaruhi apa yang kita kerjakan??, sebab model mental telah melihat pada rincian yang berbeda, ketika anda dan saya dalam pesta yang penuh sesak, kita berdua memasukan data sensor dasar yang sama tapi kita mengenali wajah – wajah yang berbeda. ”kita mengamati selektif ” kata psikolog.
Masalah model mental terjadi bukan pada apakah masalah benar atau salah, tapi karna semua model adalah penyederhanaan. Masalah model mental muncul ketika model tidak dikatakan, kegagalan untuk memehami model mental terbukti telah merusak banyak usah yang membantu perkembangan berfikir sistem, Kegagalan untuk memahami model mental terbukti telah banyak merusak model usaha.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar